Sabtu, 26 Juni 2010

Hubungan Ilmu Pengetahun Dan Agama

Kita biasa mendengar istilah dengan ilmu hidup menjadi bermakna, dengan agama hidup menjadi terarah, dengan seni hidup menjadi indah.
Saya Mengutip beberapa kalimat dari buku bapak Agus Mustofa yang berjudul Pusaran Energi Ka’bah “hampir di setiap halaman Qur’an yang kita buka, selalu ada informasi – informasi ilmu pengetahuan itu bukan sekedar digunakan untuk mengembangkan ilmu itu sendiri, melainkan bertujuan utama menauhidkan Allah”.
Dari beberapa kalimat dari buku tersebut menggugah hati kita kalau dalam Al Qur’an banyak sekali ilmu pengetahuan yang seringkali kita membaca Al Qur’an tetapi kita tidak mengetahui isi di dalamnya. Sama dengan percuma, karena sudah jelas bahwa Al Qur’an adalah petunjuk hidup bagi manusia, kalau saja kita hanya membaca Al Qur’an tanpa kita mengerti arti di dalamnya sama juga kita tersesat dikota dan kita melihat peta tetapi kita tidak mengerti cara menggunakan peta.
Dalam Al Qur’an Surat Ali Imran ayat 190 “Sesungguhnya di dalam penciptaan langit dan bumi dan didalam pergantian siang dan malam hari terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi (orang yang disebut) ulil albab” pada ayat ini kita di tuntut untuk selalu berfikir (ulil albab). Bagaimana dengan kita sekarang ini apakah kita sudah berfikir tentang alam semesta? Tentang ciptaan Allah?
Subhanallah. bila kita memahami lebih lanjut tentang ayat tersebut, kita di tuntut oleh Allah untuk menjadi ulil albab atau orang yang selalu berfikir. Jadi dalam Al Qur’an kita jangan hanya membacanya saja tetapi lebih jauh dari itu kita harus mengerti dan memahami isi di dalamnya.
Terus apa hubungannya Ilmu Pengetahuan dengan agama? Sudah sangat jelas bahwa di dalam Al Qur’an terdapat ilmu pengetahuan. Tetapi ilmu pengetahuan dalam Al Qur’an adalah bersifat global, jadi kita harus mengetahui ilmu pengetahuan tersebut secara spesifik atau lebih mudahnya bisa kita pahami.
Buat apa kita mempelajari ilmu pengetahuan? Itu adalah pertanyaan mendasar dari setiap manusia. Kita mengetahui sudah berapa banyak peneliti yang telah masuk islam (mualaf) karena membuktikan ayat – ayat Al Qur’an dengan Ilmu Pengetahuan dengan cara melakukan penelitian. Subhanallah.
Jadi semakin jelas bahwa dengan ilmu pengetahuan kita dapat semakin dekat dengan Allah dengan cara mempelajari ciptaan-Nya.
Allah Maha Mengetahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar